Sabtu, 29 September 2012

Pemula


Belajar merupakan kegiatan yang sangat penting. Belajar itu ada bermacam-macam jenisnya, bukan hanya hal-hal formal saja yang butuh akan pembelajaran. Hal-hal yang non-formal juga butuh pembelajaran. Jika dilihat, hal-hal formal itu juga berasal dari hal-hal yang non –formal seperti halnya penemuan hukum Archimedes yang tidak sengaja ditemukan dan masih banyak lagi penemuan-penemuan lain yang tidak disengaja.

Pemula merupakan sebutan mengenai orang yang baru belajar atau terjun dalam suatu hal. Sebagai pemula, banyak hal yang harus dipelajari.  Seorang pemula wajar apabila melakukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan. Akan tetapi hal tersebut masih dianggap wajar karena masih dalam tahap pembelajaran. Kesalahan tersebut akan berbeda artinya jika dilakukan oleh seorang yang sudah tidak lagi pemula atau dapat dikatakan sudah mahir atau ahli.

Seorang pemula jangan merasa minder dan putus asa dalam belajar untuk meraih hal yang dipelajarinya. Bahkan seorang yang mahir pun berasal dari seorang pemula yang tidak tahu apa-apa. Janganlah merasa putus asa mengenai hal yang dipelajari anda, dan merasa yakinlah hal yang baik akan datang dan anda pun akan menjadi seorang yang mahir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar